Home / Berita / Teknik Informatika Berlakukan Computer Assisted Test (CAT) pada Pelaksanaan Ujian Akhir Semester 2015

Teknik Informatika Berlakukan Computer Assisted Test (CAT) pada Pelaksanaan Ujian Akhir Semester 2015

Kebijakan Dekan FST DR. Hartono, M.Pd untuk menggiatkan penggunaan IT di FST disambut baik oleh Jurusan Teknik Informatika. Salah satu penerapannya terlihat pada beberapa mata kuliah yang memberlakukan Ujian Akhir Semester menggunakan Computer Assisted Test (CAT).  M. Irsyad, S.T., M.T sebelumnya mengatakan saat ini jurusan Teknik Informatika mulai mengusung kebijakan Paperless. Ditambahkan lagi oleh Ketua Jurusan yang juga pakar Teknologi Informasi tersebut bahwa konsep paperless merupakan salah satu tindakan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yang beberapa tahun ini gencar disuarakan oleh para aktivis pencinta lingkungan. Reduce ialah mengurangi penggunaan, Reuse ialah untuk menggunakan kembali, dan Recycle yang artinya untuk mengolah kembali. Paperless merupakan bagian dari wujud Reduce.

Salah seorang Dosen Teknik Informatika Rahmad Kurniawan, S.T., M.I.T yang menerapkan Ujian Akhir Semester menggunakan Computer Assisted Test (CAT) sangat senang bisa menerapkan Computer Assisted Test (CAT) untuk Ujian Akhir Semester pada perkuliahan Sistem Operasi. Ujian dilakukan di Lab. Multimedia lantai dasar Fakultas Sains dan Teknologi. Setelah ujian dilakukan, nilai akan langsung bisa dilihat saat itu juga. Penerapan Computer Assisted Test  CAT ini bisa mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian, mewujudkan transparansi, obyektifitas, akuntabel dan mahasiswa juga bebas memulai mengerjakan dari mana saja. ”Sangat efisien, mahasiswa tidak bisa melakukan kecurangan, karena soal satu orang mahasiswa berbeda dengan soal temannya dan proses penilaian pun lebih cepat” tuturnya.

DR. Rado Yendra selaku Wakil Dekan II Fakultas Sains dan Teknologi yang ditemui saat melakukan pemantauan terhadap Lab di lingkungan FST merasa bangga dengan semangat dosen-dosen di FST. Tahun 2015 ini Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Suska Riau sedang gencar-gencarnya untuk menjadikan FST sebagai Fakultas yang berbasis Teknologi dan Informasi di rantau Sumatera ini. Saya sangat bangga dengan semangat dosen-dosen untuk mewujudkan harapan Dekan FST. WorldClass Universities (WCU) = Information Technology (IT) 100 %.” Tuturnya.

(FST Journalist Team)

About Rahmad Kurniawan, S.T., M.I.T.

Check Also

beasiswa

Informasi BEASISWA Peningkatan Prestasi dan Akademik (PPA)

Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh, Dibuka lowongan penerimaan formulir pengajuan Beasiswa PPA UIN untuk mahasiswa Jurusan Teknik ...